How to Protect Your Word

16.56

Hari demi haripun berlangsung seketika. Dan tugas demi tugaspun bergulir begitu enaknya seperti air yang mengalir tanpa ada hambatan.. Hadeh sok puitis.. hahaha. Hay guys ketemu lagi. karena sekarang saya bekerja sambil kuliah maka saya harus berusaha meluangkan waktu untuk mengerjakan tugas tugas dan tugas hahaha.. tak bisa bebas kelayapan lagi seperti macan liar wkwkwk. lebay.. yaudah langsung aja tugas kedua saya adalah disuruh untuk membuat tutorial bagaimana cara memproteksi file word kita agar tidak bisa diotak atik orang lain yang tidak bertanggung jawab. Disini saya hanya mengajarkan membuat file tersebut view only dan hanya bisa diedit menggunakan password yang sudah kita set sebelumnya. oke cekidot.


1. Buka file Ms. Word kalian. Karena disini saya menggunakan Ms. Word 2016 maka saya akan mengajarkan menggukan Ms. Word 2016 saja. Tenang saja fitur-fiturnya sama saja kok :)
2. Nah jika sudah dibuka kemudian klik pada menu Review, pilih dan klik pada submenu Restrict Editing yang terletak pada pojok sebelah kanan.

3. Kemudian di submenu editing restrict restrictions centang Allow only this type of editing in the document.
Fungsi-fungsi yang ada dipicture diatas adalah :
- Tracked Changes : Tulisan yang diedit digaris merah (srtoke)
- Comments : Pilihan untuk menjadikan tulisan menjadi komentar
- Filling in Forms : Pilihan agar tulisan document tidak bisa dicopy ataupun dicopy
- No Changes (Read Only) : Pilihan ini hanya digunakan untuk anti edit pada tulisan dan bisa dicopy

4. Pilih Filling in Forms, dan klik Yes, Start Enforcing Protection seperti berikut ini :

5. Kemudian masukkan password yang kalian inginkan. Lalu klik ok dan simpan kembali document word tersebut. 

Dan tara,,, file kalian sudah tidak bisa diedit maupun dicopy oleh orang lain kecuali memasukan password yang kalian masukkan tadi. Selamat mencoba kawan ^_^.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

- Kritik dan saran sangat dinantikan demi kemajuan website ini.
- Silakan melaporkan jika adal, jika ada link yang mati.
- Mohon untuk berkomentar sesuai dengan tema postingan.
- Dilarang berkomentar yang mencantumkan Link Aktif. jika ditemukan, akan saya hapus. EmoticonEmoticon